Gaji Kok Kurang Terus Sih

Ketika sedang bokek, seseorang bisa berubah drastis. Tiba-tiba jadi reseh, mudah marah, nyinyir dan sinis pada orang lain. Wajar sih. Saat lagi gak punya duit, kemampuan untuk berpikir jernih dan kreatif hilang. Maklumin aja.

Bokek ini tak ada kaitannya dengan penghasilan besar maupun kecil. Sebesar apapun gaji, jika tak dikelola dengan baik akan selalu kekurangan. Tak perlu menunggu akhir bulan, seminggu setelah gajian pun; tak sedikit yang tongpes. Ironis kan. Padahal mengelola keuangan dengan baik itu bagian dari syukur lho.

Saya punya beberapa tips nih, agar berkecukupan dan gak selalu pusing saat tanggal tua. Bukan karna saya kaya banget. Bukan. Saya hanya amtenar biasa. Tapi terhadap apa yang telah Allah berikan, saya sungguh merasa kaya. Read More

Iklan

Tips Hemat Ala Pahmud Mahmud

Sebelum lebih lanjut ngomongin tips hemat, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu pahmud dan mahmud. Pahmud adalah papah muda seperti saya. Muda, enerjik, setia dan berwawasan nusantara. Sedangkan mahmud adalah mamah muda. Wanita kekinian, sayang keluarga dan hobi memasak.

Jadi ceritanya, di saat dollar melambung tinggi dan rupiah terseok-seok, istri saya ndak terlalu pusing mikirin itu. Wong ndak punya simpenan dollar juga cuma punya EURO. Biarlah Presiden, menteri dan orang-orang pintar di negeri ini yang mengatasi masalah itu, katanya.

Istriku dan jutaan ibu-ibu di seluruh penjuru tanah air ini, justru pening dengan harga kebutuhan pokok yang kian meroket. Harga daging naik, tempe naik, sabun cuci naik. Parfum, pensil alis, maskara dan ongkos ke salon juga naik. Sebagai seorang mahmud, ini menjadi persoalan penting yang harus dicarikan solusinya.

Baca lebih lanjut

Rileks Sejenak, Menjaga Gairah

Tandanya  kita masih manusia adalah terkadang bersemangat, kemudian lemah letih loyo di lain waktu. Gak semangat lazimnya karna dead line kerjaan, kangen sama yayang, tanggal tua atau berantem sama kawan. Biasa itu, manusiawi. Tapi kalau lebih banyak gak bergairah, banyak murungnya, itu perlu diwaspadai.

Semangat terus juga gak mungkin. Emang robot.

Saya pernah mengalami situasi seperti ini; tiba-tiba males, bosen, uring-uringan gak jelas, bete, padahal saldo ATM masih banyak ada lho. *sombong*

Meski di tempat kerja sudah dibriefing, disuruh teriak yel-yel, tetep aja gak mempan. Mungkin hati saya mengeras, atau bisa jadi karna briefingnya formalitas aja. Kayak politisi, nyuruh anak buah begini begitu, eh yang nyuruh teryata omdo. Cuma mengatakan sesuatu yang tak pernah dikerjakan. Jadi ya masuk telinga kiri, keluar telinga kanan. *sorry to say*

Gak semuanya sih. Ada juga briefing yang menarik. Keren, benar-benar memotivasi. Meski sebentar, tapi  yang disampaikan masuk ke hati. Sejuk mendengarnya. Ada.

Seorang kawan pernah menasehati saya. Katanya agar motivasi selalu terjaga, gak harus nunggu pengaruh dari orang lain. Banyak hal-hal sederhana yang bisa membuat kita relaks, tenang dan kemudian antusias dalam menjalani kehidupan ini. Berikut ini beberapa hal yang layak untuk dicoba :

Baca Selengkapnya