Lakukan Beberapa Hal Penting Ini, Mumpung Masih Muda

Usia memang menjadi hal yang sensitif. Apalagi jika ditanyakan pada wanita yang baru saja kita kenal. Jangan pernah sekali-kali mencobanya, bisa digampar. Apakah hanya wanita takut menua? Tidak. Pria pun demikian.

Kalau buat saya, tua atau muda itu hanya masalah cara pikir dan semangat, bukan soal angka. Maka sungguh berbahagialah mereka yang menua disertai pemikiran yang dewasa, jiwa yang muda, imajinasi yang kekanakan dan amal kebaikan yang terus bertambah.

Nah sebelum masa muda berlalu, sebelum usia 33 tahun lah, kalian harus melakukan hal-hal penting atau setidaknya mencoba sesuatu yang seru. Kenapa mesti 33 tahun? Sebab 33 adalah angka yang cantik usia segitu sedang mateng-matengnya. Pas banget secara lahir batin.

Dan juga suatu saat nanti, kita akan menoleh ke belakang. Mengenang apa saja yang pernah kita lakukan di masa muda. Jangan sampai ada penyesalan dong. Ini dia beberapa hal yang layak kita lakukan sebelum usia 33 :

Bekerja. Buat lelaki, bekerja mencari nafkah itu wajib. Kalau cuma leyeh-leyeh di rumah, cengegesan, main gaple sambil rokokan, jadi benalu bagi orang lain; itu adalah seburuk-buruk manusia. Rejeki tak akan turun sendiri dari langit. Cara terbaik berserah diri pada Tuhan ya dengan bekerja sungguh-sungguh. Bekerja adalah ibadah dan di situ letaknya berkah. Bekerja memang melelahkan dan kadang bikin stress. Tapi kalau gak kerja malah tambah stress lagi. Jika lebih dari 33 tahun dan bekerja masih dalam keadaan terpaksa, gak enjoy; mungkin perlu ditanyakan apa tujuan hidupnya. Bekerja tak selalu tentang uang. Bekerja adalah tentang memaknai hidup.

danang-kpkn2

di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Menikah. Usia ideal menikah bagi tiap orang berbeda-beda. Di kampung saya, rata-rata pria menikah di usia tigapuluhan. Saya nikah sebelum 25. Terlepas bahwa jodoh adalah bagian dari takdir, menikah itu sesuatu yang baik. Dan hal-hal baik tak perlu ditunda-tunda. Kalau sudah mampu dan ada calon, ayo aja. Menikah itu selain bisa menghilangkan status jomblo, juga bisa memperpanjang usia lho, asal cocok dengan pasangan. Percayalah, meskipun menikah di usia muda, kedewasaan akan bertambah.  Dan orang yang sudah menikah, auranya makin membuncah. Makin mempesona, tambah gemuk  ganteng dan cantik. #eeaaa

img_20161114_073215_hdr_1479084909212

rona bahagia terpancar dari anggukan saat kupasangkan cincin di jemari….

Merantau. Banyak hal positif bisa didapatkan dari merantau. Bepergian dan berpetualang, akan mengantarkan kita menemukan kejutan-kejutan hidup yang bisa menggetarkan dan mendewasakan, menempa fisik dan juga mental. Bertemu banyak orang, mengasah kemampuan interaksi sosial serta menambah pengalaman.

Bukan seberapa jauh kita merantau, atau seberapa lama kita meninggalkan kampung halaman. Yang jauh lebih penting adalah, sebanyak apa kita belajar dari merantau. Selain memacu adrenalin, merantau akan memperkaya kita dengan pengalaman-pengalaman dashyat yang tak akan kita temukan di kampung halaman. Kita akan tahu rasanya berdarah-darah  dicabik-cabik kerinduan. Kita jadi mengerti betapa bahagianya saat bisa menaklukkan tantangan dan mengalahkan kesulitan. Kita akan terlatih menyembuhkan luka-luka kehidupan tanpa tangis sedu sedan. Kita pun mafhum, bahwa ada kehidupan lain di luar sana, yang lebih menggetarkan.

Mencoba hal gila, seru dan ekstrim. Semakin hari, kondisi fisik kita semakin berkurang. Tak setangguh masa muda. Maka dari itu, mumpung masih kuat, tak ada salahnya jika kita mencoba sesuatu yang seru dan ekstrim. Mendaki gunung, backpacking keliling Indonesia, kemping ke hutan, main paralayang, bungy jumping dan rafting. Apa saja deh. Pokoknya banyakin pengalaman yang bisa kita ceritain ke anak cucu kita. Kalau nunggu entar-entar, khawatirnya gak sempat. Kalau udah semakin tua, kita mudah masuk angin dan sakit encok. Capek dikit aja langsung pusing.

100_8240

uji nyali. persiapan arung jeram di Kaliwatu Batu Malang

100_8247

memacu adrenalin

Tentu apa yang saya ceritakan ini bisa beda dengan versi orang lain. Kalau menurut kalian, sebelum usia 33, apa yang pengen kalian lakukan? Dan kalau boleh tahu, hal penting apa saja yang sudah dilakukan?

 

Iklan

16 pemikiran pada “Lakukan Beberapa Hal Penting Ini, Mumpung Masih Muda

  1. warbiayasaaah masbro..
    like banget quote ini “maka sungguh berbahagialah mereka yang menua disertai pemikiran yang dewasa, jiwa yang muda dan imajinasi yang kekanakan”.
    untuk pertanyaan di paragrap terakhir saya gak bisa jawab, maklum sudah melampaui 33.
    mungkin yang di bawah saya bisa jawab.. 😀

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s