Duapuluh Tiga Fakta Unik Yang Hanya Terjadi Saat Lebaran

Idul Fitri tlah tiba. Semua orang bersuka cita. Ada yang memaknai Lebaran itu makan-makan, baju baru, maaf-maafan atau hari kemenangan. Apapun itu, saya cuma mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Semoga kita layak jadi pemenang di hari suci ini. Yang menang, merasa menang atau bahkan yang merasa kalah tetap boleh merayakan.

Sekalian mau ngasih tahu , ternyata ada beberapa fakta unik dan menarik yang hanya terjadi saat Lebaran. Ini dia :

1. Jumlah orang yang melantunkan Takbir di malam Lebaran agak berkurang. Banyak yang lebih sibuk dengan gadget-nya.

2. Pada saat Lebaran, mendadak muncul pujangga-pujangga baru yang mengucapkan permohonan maaf secara puitis. Sekedar saran, permintaan maaf & ucapan Idul Fitri akan lebih berkesan jika dilakukan secara langsung, bertemu dengan orangnya. Kalaupun tak bisa berjumpa dan terpaksa via HP sebaiknya jangan brodkes, jangan copy paste dan jangan garing.

3. Setelah ramai ucapan Lebaran di FB, Path, WA dan BBM; selanjutnya dunia Maya akan riuh dengan foto makanan khas Lebaran dan foto-foto selfie, wefie maupun groufie.

4. Brodkes ucapan Idul Fitri paling legendaris adalah “Sebening embun pagi, seputih salju….bla..bla..bla…”

5. Bagi anak rantau, kumandang takbir di malam Lebaran adalah gemuruh rindu.

6. Tempat yang ramai dikunjungi sebelum Lebaran adalah : tempat pencucian mobil/motor, salon, makam, pom bensin, Ramayana, pasar tradisional dan Pegadaian.

7. Saat Lebaran, yang jomblo akan ditanya kapan nikah, yang kuliah ditanya kapan lulus, kapan kerja, yang sudah nikah ditanya kapan punya anak, kapan punya adik lagi, kok kamu gemukan. Pertanyaan basa-basi sih, tapi bikin kepikiran orang yang ditanya.

8. Delapan dari sepuluh orang membeli baju baru untuk lebaran.

9.Semakin jauh merantau, semakin besar biaya untuk mudik.

10. Pas ngasih angpau lima ribu ke anak kecil, ibunya bilang jangan biasakan ngasih uang ke anak-anak. Giliran dikasih seratus ribu, emaknya ngomong “bilang apa sama Om?” 😂

11. Banyak toples kue kering yang selotipnya belum dibuka. Kue yang enak pula, macam nastar dan kastengel. Mau maksain buka, sungkan sama tuan rumah.

12. Isi kaleng Khong Guan sering menipu. Ternyata dalamnya rengginang, peyek, kerupuk dan kacang.

13. Anak-anak rebutan buka kaleng Khong Guan biar dapat wafernya.

14. Ada orang yang gak kenal dan belum pernah ketemu sama sekali, tapi kita minta maaf untuk kesalahan yang tidak pernah kita tahu.

15. Anak kampung sebelah yang gak dikenal datang ke rumah dan gak bakalan pulang sebelum dikasih angpau. Setelah dikasih angpau, mereka akan cerita ke teman-temannya. Rumah kita pun digeruduk anak-anak kecil yang lain.

16. Mobil plat B bertebaran di mana-mana, bahkan sampai pelosok desa. Plat merah pula.

17. Pas lebaran, pergi shalat Id ke alun-alun / masjid berasa fashion show.

18. Harga daging mahal, jumlah lengkuas dengan potongan daging rendang hampir sama.

19. Tidak sedikit yang nyesel karna baju barunya apalagi yang warna putih, terkena kuah opor. Jika mengalami kejadian seperti itu, segera rendam baju dengan Vanish. Bisa hilang kok nodanya. *pengalaman pribadi

20. Banyak undangan reuni, mulai reuni SMP, SMA sampai kuliah. Yang sukses, semangat banget datang, karna ada yang dibanggakan. Yang belum sukses, yang masih ya gitu deh, males datang karna malu. Biasanya ada saja alasannya.

21. Hanya pada saat hari raya, kita menyantap makanan bersantan dan minum minuman bersoda tanpa rasa bersalah. Dua hari setelah Ramadhan berlalu, timbangan badan pun surplus.

22. Menemukan tukang tambal ban di hari raya sama susahnya dengan mencari pasangan buat para jomblo.

23. Anak kecil yang dapat uang THR dari Om dan tantenya, sering dimodusin sama emaknya. “Dik, sini uang THRnya. Mama bantu simpenin ya” 😄

Iklan

2 pemikiran pada “Duapuluh Tiga Fakta Unik Yang Hanya Terjadi Saat Lebaran

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s