Ada Cinta Di Dapur Kami

Kami selalu punya cara yang berbeda-beda untuk menikmati akhir pekan. Berenang ke pantai, jalan-jalan ke taman kota sambil momong atau berburu bacaan baru di toko buku. Pernah juga di rumah saja. Bersih-bersih, betulin sepeda, nonton film, buat tas dari kain flanel, dan juga masak bareng. Meski hanya di rumah, namun tetap menyenangkan. Rumah selalu menjadi tempat ternyaman buat kami. Teduh, sejuk dan bersahabat. Tak besar namun tetap luas. Penuh cinta dan kehangatan.

Diantara bermacam kegiatan tadi, yang paling kami sukai adalah masak bersama. Saya, istri dan anak-anak terlibat dalam proyek kerja bakti ini. Si kakak suwir-suwir daging ayam, saya nyuci sayuran dilanjutkan dengan ngupas kentang dan bawang merah. Sementara istri saya sibuk bikin bumbu, si adek buatin es nutrisari buat kami  yang lagi masak. Semua bekerja sama.

Kalau saya dan anak-anak ikutan masak, sebenarnya bukannya malah bantuin istri, tapi ngrecokin. Dikit-dikit nanya, ini sayurnya diapain, ngasih garamnya seberapa? Disuruh ngambilin lengkuas keliru jahe. Dapur pun makin berhambur dengan tumpahan santan serta ulekan bumbu yang keluar dari cobeknya. Pokoknya ribet.

Tapi kami menikmati proses ini. Sambil masak, kami saling berbagi cerita dan bercanda. Kadang saya bikin tebakan atau ngelawak, biar suasana makin ceria. Semua tertawa. Saya senang menyaksikan mereka tersenyum bahagia. Sampai-sampai saya lupa kalau sekarang sedang tanggal tua.

Setelah berjibaku sekian lama di dapur, akhirnya soto yang kami masak siap disajikan. Kami makan lesehan, duduk di atas karpet kecil. Rasanya lebih nikmat, lebih spesial. Mungkin karna diolah dengan setulus hati dan sepenuh cinta. Usai makan, saya peluk istri dari belakang, lalu saya bisikin “Masakan kamu enak dik”. Dia hanya tersipu malu, pipinya pun merona merah.

image

Soto hasil karya kami

Dalam hati saya bergumam seraya berdoa:

“Terima kasih Ya Allah, hari ini kami masih bisa merasakan nikmatnya karuniaMu.  Jadikan kami hamba-hamba yang pandai bersyukur”

Iklan

2 pemikiran pada “Ada Cinta Di Dapur Kami

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s