Merayakan Tahun Baru

Dulu saya pernah merayakan pergantian tahun dengan sesuatu yang gegap gempita dan penuh hedonisme. Pesta kembang api, jalan-jalan, mendaki gunung, makan-makan, berbelanja dan menyaksikan konser musik. Sempat pula melewati malam tahun baru dengan kesepian, kesendirian, khusuk dalam sebuah perenungan, mengikuti zikir bersama dan istighosah.

Dari berbagai pengalaman itu,  pada akhirnya saya menyadari bahwa tak ada bedanya 31 Desember dengan 1 Januari atau hari-hari lainnya. Semua hari adalah istimewa yang layak untuk dirayakan.

Karna setiap hari adalah saat terbaik untuk bersyukur dan berterima kasih pada Yang Maha Kuasa. Masih bisa bangun di pagi hari, masih bisa berkumpul dengan keluarga, masih bisa melihat matahari, masih bisa berangkat kerja; itu artinya masih kesempatan menjalani kehidupan, berkarya dan menebar kebaikan.

Kini setiap kali tahun berganti, saya lebih sering menengok ke belakang. Bukan untuk menyesali yang telah berlalu. Hanya ingin belajar merelakan masa lalu. Agar tak mengulangi kesalahan, keburukan, kegagalan dan dosa-dosa saya yang dulu. Bermohon supaya tak terjatuh di lubang yang sama. Ini akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk melanjutkan kehidupan.

Tak sekedar menerawang masa lalu, momentum awal tahun ini saya juga punya harapan-harapan untuk masa depan. Harapan sederhana yang harus diwujudkan dengan penuh kesungguhan.

Harapan itu antara lain adalah; berharap agar dijauhkan dari kegelisahan. Gelisah belum punya ini itu, gelisah belum bisa begini begitu. Berharap agar lebih sabar dan mampu mengendalikan emosi, lebih bisa menepati janji dan tidak sombong. Berharap agar senantiasa dalam kebaikan, berharap supaya diberi hati yang bersih dan tak mudah membenci. Dan masih banyak harapan lainnya.

Semoga awal tahun ini menjadi awal yang baik untuk kita semua. Doa saya, semoga sampeyan sekeluarga selalu dilimpahi keberkahan dan kemuliaan. Selamat tahun baru 2016.

Iklan

7 pemikiran pada “Merayakan Tahun Baru

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s