Kelakuan Penumpang Pesawat

Kelakuan penumpang pesawat ternyata sama saja, tak peduli maskapai mahal maupun murah. Sempat terbayang penumpang maskapai mahal lebih tertib, lebih terpelajar, tapi ternyata ya gitu deh. Saya membuktikannya tadi pagi.

Ceritanya saya dapat tugas Dinas Liar Luar ke ibukota. Demi kenyamanan dan keamanan saya memilih naik Garuda. Airline terbaik di negeri ini. Mumpung dibayarin juga sih. Karena jarang-jarang naik pesawat mahal, terbesit keinginan untuk mengabarkan hal ini ke semua orang, biar dunia tahu.

Baru saja mau update status dan check in di Foursquare, tiba-tiba ada malaikat baik yang berbisik : “Yaelah bro…, ente naik pesawat mahal dibayarin aja belagu, pakai update status segala. Giliran naik bis ekonomi, ente diem-diem aja. Nyebut bro…”

Saya berasa ditampar-tampar. Batal deh niat saya.

Kalau sampeyan sering naik pesawat, mungkin pernah mengalami kejadian seperti ini. Pesawat baru saja mendarat, belum berhenti sempurna, para penumpang sudah menyalakan HP. Padahal pilot masih berkomunikasi dengan ATC bandara.

Saya menduga mereka adalah orang-orang penting yang lagi ada deal bisnis milyaran rupiah. Atau mereka pejabat teras yang sibuk ngurus tugas meski sedang bepergian. Bisa juga mereka tak sabar ingin memberi kabar pada keluarga di rumah, bahwa telah tiba dengan selamat.

Berikutnya adalah, ketika pintu pesawat belum dibuka, semua bergegas ambil barang di headrack. Berdiri lama, berdesak-desakan, buru-buru keluar. Takut banget kalau dibawa terbang lagi.

image

Saya lebih memilih menunggu supaya kondisi agak lengang, puas-puasin di pesawat. Lha wong beli tiketnya mahal, naik pesawatnya cuma sebentar. Ya rugilah.

Jadi naik pesawat itu ada aturan yang harus ditaati, biar semuanya selamat. Jangan mentang-mentang pejabat atau anggota DPR orang penting, trus seenaknya sendiri. Jaga etika juga, agar tak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Iklan

2 pemikiran pada “Kelakuan Penumpang Pesawat

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s