Blusukan Yang Menggembirakan

Blusukan tak hanya untuk para pejabat, kita pun bisa juga. Seperti pagi itu, saya dan beberapa LDR-ers memilih menghabiskan long weekend dengan blusukan ke alam bebas. Masuk ke hutan, menyusuri sungai, mendaki bukit-bukit curam, menuju air terjun Wera di Kabupaten Sigi.

Blusukan yang seperti ini jauh lebih membahagiakan dari pada jalan-jalan ke mall, menghabiskan pundi-pundi rupiah demi menuruti nafsu belanja yang sulit dibendung. *halah ini sih alasan karna bokek di tanggal tua.

Menurut seorang psikolog, ada beberapa tips untuk bahagia. Diantaranya adalah rajin bersyukur, rutin berolahraga, perbanyak makan buah dan sayur, bertafakur (meditasi) serta bersahabat dengan alam.

Wangi rumput basah, gemericik air sungai, kicau burung nan merdu serta udara yang sejuk segar, menyadarkan manusia akan kebesaran Illahi. Membuat semakin mensyukuri nikmat yang tiada terperi.

Stress karna beban kerjaan yang menumpuk, atau penghasilan yang tak kunjung meningkat pun sirna. Alam benar-benar memberi kedamaian.

Perjalanan dimulai dari Kota Palu. Jam 6 pagi kami sudah bersiap. Butuh waktu 30 menit untuk mencapai lokasi. Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan indah. Hamparan sawah menghijau, gunung dan pohon kelapa yang tinggi menjulang.

image

Gunung Gawalise

image

Rencananya mau sarapan di gubug ini, tapi gak jadi

image

Hamparan sawah di sepanjang perjalanan

Saat melihat gubug di tengah sawah, sempat terpikir untuk singgah sejenak. Pengen buka bekal untuk sarapan pagi. Namun tak jadi. Sensasi sarapan di air terjun lebih menggoda.

Sesampai di desa Balumpewa Kecamatan Dolo Barat Sigi, mobil kami parkir di rumah penduduk. Masih harus berjalan 2 km untuk sampai di air terjun. Sepertinya kawasan wisata ini tak terurus dengan baik. Kami harus uji nyali melewati jembatan besi yang mau roboh.

image

Plang Taman Wisata Alam Wera

image

Pintu masuk ke air terjun. Gak keurus

image

Jembatan besinya sudah rusak

image

Nyasar ke tanjakan

image

Ini tanjakan yang bikin tepar

image

Masih banyak batu-batu segede gaban

Rute menuju air terjun tak terlalu terjal, namun cukup menguras keringat. Apalagi kondisi perut belum terisi. Pakde Trisno hampir pingsan karna kelelahan dan kelaparan. Semua panik, bingung kalau harus nggendong pakde. Pasti tambah capek.

image

Terkapar karna lapar

image

Ikan bakar. Maknyuss

image

Ikan, krupuk, teh panas.

Bekal kami buka. Ada teh panas, krupuk, nasi dan ikan bakar. Rencana awal untuk sarapan di air terjun batal, demi memulihkan stamina Pakde. Tak apalah, yang penting semua sehat. Daripada terjadi apa-apa.

Kondisi Pakde membaik, perjalanan pun dilanjutkan hingga air terjun. Dinginnya air terjun tak menyurutkan niat kami untuk mandi dan bermain air. Luar biasa segarnya, berasa di nirwana. Wow banget.

IMG_9699

Sungainya jernih banget

image

Ada dua air terjun, di atas dan di bawah

image

Nampang dulu ah

IMG_9646

Brrrrr, dingin bangeti airnya

Jalan-jalan itu penting, biar hidup makin rileks dan seimbang. Perhatikan saja orang-orang yang suka nyinyir dan hobi mengeluh, mungkin mereka kurang piknik. Tak harus ke luar kota atau ke luar negri untuk rekreasi. Di sekitar kita, banyak tempat-tempat indah yang belum terjamah. Intinya adalah bisa ganti suasana, terbebas dari belenggu rutinitas yang membosankan.

Kita hanya perlu berani untuk melangkah sejauh-jauhnya, berpetualang menjelajahi cantiknya negri ini demi sebuah pengalaman berharga. Meski bangsa ini tengah carut-marut, negri ini tetaplah mempesona. Kenali negrimu, cintai bangsamu!

image

Selfoot

Iklan

6 pemikiran pada “Blusukan Yang Menggembirakan

    • Dari kota Palu ke TKP bisa naik taksi Argo, sekitar 100ribuan. Kalau mau lebih hemat bisa naik angkot atau ojek. Harga lebih bersahabat. Naik motor bisa juga, 30-45 menit

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s