Takut Mati

Autumn_Leaves_in_Motion_Sunrise_Sunset_Wisconsin_2008_Photo_03__soul-amp

Setiap kali ada sms di tengah malam atau dini hari, saya selalu khawatir. Layaknya orang baheula saat nerima telegram. Pasti ada kabar penting. Jangan-jangan kabar duka, entah ada yang sakit, meninggal atau apa lah.

Saya berusaha menguatkan hati terlebih dahulu sebelum membuka sms itu, semoga tak ada apa-apa. Semoga semua baik-baik saja. Dan ternyata benar, yang masuk cuma sms iklan jualan kacamata tembus pandang. *Asem tenan

Tapi tidak untuk dini hari itu. Tak sekedar di-sms, saya ditelpon. Berita duka dari kampung, kakak ipar meninggal di usia yang masih terbilang muda. Semoga ini adalah jalan pertemuan dengan Sang Maha Kekasih.  Tuhan tengah merindukanmu di surga kak.

Buat saya, kabar kematian, entah kematian dengan cara apa saja, acap kali mengagetkan. Apalagi jika kita mengenal baik orangnya. Kemarin kan sehat-sehat saja, kemarin kan masih bla bla bla. Kemarin kan….ah sudahlah. Rasanya sulit dipercaya.

Kata kematian selalu seram dan menakutkan saya. Meluluhlantakkan segala kesombongan, mengikis kerak-kerak hati, menjungkirbalikkan pemikiran saya selama ini, bahwa mati hanya untuk yang sakit. Mati hanya untuk yang tua. Jujur sejujur jujurnya, saya takut.

Namun di balik itu semua, kabar kematian sangat ampuh menjadi teguran buat saya. Solat jadi lebih khusuk, berdoa pun  sampai meneteskan air mata. *sebenarnya lebih karna efek kesedihan
Kematian pun mengingatkan kembali agar saya menata langkah, memperbaiki sikap, membersihkan hati, berbekal menyongsong untuk kehidupan setelah ini.

Dan pada akhirnya, hidup ini tentang merelakan. Melepaskan apa saja yang kita cintai untuk kembali pada Sang Pemilik Sejati. Kita pergi atau ditinggal pergi. Selamat jalan kak, doa kami untukmu.

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia,  ampunilah kesalahannya.

Iklan

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s