Pinjem Duitnya Dong!

Perhatikan-4-Hal-Sebelum-Meminjam-Uang-di-Bank-untuk-Bisnis

Bahwa hidup harus saling menolong dan berbuat baik, saya setuju.
Tapi kalau memanfaatkan kebaikan orang lain, untuk tujuan gak bener, saya gak suka.
Misal nih, sengaja pinjam uang, tapi niatnya gak mau balikin.

Saya sering pernah didatangi tetangga dan beberapa kenalan. Sebut saja Mawar si Fulan. Kira-kira begini kejadiannya :

“Mas pinjem duitnya dong, tiga ratus ribu saja (((pakai saja))). Selasa saya bayar. Anak saya sakit, bla…bla..bla.”

*entah sakit beneran atau akting saja. Ekspresinya kurang dapet sih

Agak ribet juga menghadapi orang seperti ini. Mau dipinjemin, kita tahu karakternya. Sudah banyak yang dimodusin sama dia. Gak dipinjemin, kok rasanya tega banget, seperti ndak peduli kesulitan orang. Secara saya juga pernah mengalami masa-masa sulit. Bisa merasakan, bagaimana pusingnya.

“Maaf ya, gak bisa minjemin. Ini ambil saja, gak usah dibalikin”

Saya sengaja memberinya beberapa puluh ribu, itung-itung sedekah.
Daripada dipinjemin, ntar malah gak balik dan merusak hubungan.
Dia yang pinjem, dia yang marah-marah. Kalau ketemu kita, dia yang buang muka, cemberut.
Kayak kita aja yang punya hutang. Kebalik kan.
Dan orang-orang seperti ini gak sedikit bertebaran di muka bumi.

Tapi sudahlah. Hutang memang menjadi masalah klasik semua orang. Ada yang berhutang untuk menutupi kebutuhan. Ada yang berhutang karna alasan bisnis. Ada juga yang berhutang demi menuruti gaya hidup. Biar kelihatan kaya <– ini yang gak bener.

Lalu bagaimana dengan Kartu Kredit? Cara berhutang yang terdengar lebih modern. Gaya hidup yang membuat kita bisa “Beli Sekarang, Bayar Belakangan” yang justru mendorong untuk semakin konsumtif. Pokoknya gesek terus, mumpung lagi diskon dan banyak promo. Jika sudah seperti ini, jangan-jangan kekayaan dikurangi jumlah hutang bisa minus. Bahaya.

Jadi sebenarnya bisa gak sih kita hidup tanpa hutang? Pengennya sih Debt free atau less debt. More freedom.

Karna terlalu mudah berhutang itu membuat kita bodoh.

Iklan

4 pemikiran pada “Pinjem Duitnya Dong!

  1. Aku pun mngalaminya…. ada 4 org yg minjem sampe skrg ga bisa ditagih,,, hpx di telp g diangkat, di sms ga di balas, di bbm ga di baca, pdhl ganti dp… kerumahx, ehh dah ada tulisan di jual, rumah kosong..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s