Rileks Sejenak, Menjaga Gairah

Tandanya  kita masih manusia adalah terkadang bersemangat, kemudian lemah letih loyo di lain waktu. Gak semangat lazimnya karna dead line kerjaan, kangen sama yayang, tanggal tua atau berantem sama kawan. Biasa itu, manusiawi. Tapi kalau lebih banyak gak bergairah, banyak murungnya, itu perlu diwaspadai.

Semangat terus juga gak mungkin. Emang robot.

Saya pernah mengalami situasi seperti ini; tiba-tiba males, bosen, uring-uringan gak jelas, bete, padahal saldo ATM masih banyak ada lho. *sombong*

Meski di tempat kerja sudah dibriefing, disuruh teriak yel-yel, tetep aja gak mempan. Mungkin hati saya mengeras, atau bisa jadi karna briefingnya formalitas aja. Kayak politisi, nyuruh anak buah begini begitu, eh yang nyuruh teryata omdo. Cuma mengatakan sesuatu yang tak pernah dikerjakan. Jadi ya masuk telinga kiri, keluar telinga kanan. *sorry to say*

Gak semuanya sih. Ada juga briefing yang menarik. Keren, benar-benar memotivasi. Meski sebentar, tapi  yang disampaikan masuk ke hati. Sejuk mendengarnya. Ada.

Seorang kawan pernah menasehati saya. Katanya agar motivasi selalu terjaga, gak harus nunggu pengaruh dari orang lain. Banyak hal-hal sederhana yang bisa membuat kita relaks, tenang dan kemudian antusias dalam menjalani kehidupan ini. Berikut ini beberapa hal yang layak untuk dicoba :

1. Matikan semua gadget dan perangkat elektronik. Serbuan informasi sedikit banyak mempengaruhi pikiran dan perilaku kita, apalagi informasi negatif. Diet informasi bisa menenangkan kita, sejenak untuk hening.

2. Lebih dekat dengan alam. Jalan-jalan di pegunungan, berenang di sungai, menatap awan, menghitung bintang gemintang. Bertegur sapa dengan petani yang bekerja di bawah sengatan matahari.

3. Dengerin musik. Tapi jangan yang mellow, ntar malah lemes. Sesekali nonton live concert juga boleh.

4. Berbagi. Melepaskan sesuatu yang kita miliki. Cobalah buka lemari, dan perhatikan isinya. Pasti ada beberapa pakaian yang jarang dipakai. Kenapa gak dibagikan saja ke orang yang lebih membutuhkan.

5. Mencoba sesuatu yang baru. Bermain layangan. Belanja di pasar sendirian, membuat sebuah puisi, membaca buku, tidur dengan kaki di atas, menyusuri sudut-sudut kota. Apa saja, yang penting kamu senang.

Selamat mencoba dan rasakan apa yang terjadi.

Iklan

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s