Apalah Arti Merdeka?

pahlawan

Setiap Agustus tiba, sontak nasionalisme saya membuncah. Melihat banyaknya bendera yang terpasang di kantor dan sekolahan, gapura-gapura keren bertema perjuangan di ujung gang, serunya anak-anak mengikuti lomba agustusan, ditambah lagi dengan nonton siaran langsung upacara bendera dari Istana Merdeka; benar-benar mengaduk-aduk emosi saya.

Sebagai warga negara yang baik, pengen rasanya saya ikut berjuang meraih kemerdekaan, pegang bambu runcing, mengusir penjajah. *halah*
Lha wong lihat darah aja muntah kok :-p

Berhubung saya terlahir menjelang abad 21, bukan di jaman pertempuran, maka khayalan itu tak kan pernah terwujud. Tapi kalau mau berjuang untuk bangsa dan negara ini, sebenarnya masih bisa lah. Selalu terbuka kesempatan untuk mengisi kemerdekaan. Gak harus angkat senjata. Banyak cara yang bisa dipilih.

Yang mahasiswa; jadilah mahasiswa rajin, berprestasi, gak suka tawuran, mengharumkan nama bangsa lewat karya-karya ilmiah, ini juga berjuang.

Yang jadi pejabat atau pun abdi negara; kerja yang benar, melayani masyarakat dengan baik dan ikhlas, gak bawa ATK kantor ke rumah.

Yang jadi pedagang; jujur, gak nyuri-nyuri timbangan.

Kalau jadi rakyat, ya jadilah rakyat yang nurut sama pemerentah, mau diatur, gak seenaknya sendiri. Gak demo ngrusakin fasilitas umum dan rajin bayar pajak.

Ini juga bentuk perjuangan untuk Indonesia yang lebih baik. Indonesia bermartabat. Jadi, apapun profesinya, kita bisa memberi sumbangsih untuk ibu pertiwi.

Ngomong-ngomong soal merdeka, sebenarnya apa sih maknanya? Terbebas dari penjajahan, pastilah, mainstream banget itu.
Kalau boleh menambahkan, inilah merdeka versi saya.

Merdeka itu bisa berdamai dengan diri sendiri. Ikhlas menerima segala anugerah, apapun dan bagaimana pun kondisi kita. *tsaah*

Mampu berterima kasih sebesar-besarnya atas kehidupan ini, serta terbebas dari syndrome rumput tetangga lebih hijau, ini juga merdeka. Plong. Lega. Gak ada ganjalan.

Karna gak gampang lho untuk tidak nganan ngiri sama kelebihan orang lain. Tetangga yang lebih kaya, teman yang lebih cakep, rekan kerja yang lebih kinclong karirnya. Ada saja yang bikin panas dingin hati. Jadi kalau suka cemburu lihat nasib orang lain, berarti kamu…….ah sudahlah.

Merdeka itu harus bisa move on, gak gampang galau terhadap apa pun

Jadi, apa arti merdeka menurutmu?  Silakan tambahkan di kolom komentar. Jangan bilang merdeka itu saat sukarno-hatta berjajar rapi di dompet ya.

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia

Iklan

4 pemikiran pada “Apalah Arti Merdeka?

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s