Beda itu Lucu

Dalam banyak hal, kita sering berbeda dengan orang lain. Beda selera, beda hobi, beda pilihan. Perbedaan yang kata orang bijak adalah indah, ternyata juga lucu dan membuat pusing.

Ada yang berantem gara-gara beda jago Capres. Menumpahkan segala caci maki, sumpah serapah pada kubu lawan. Padahal sebelumnya adalah sahabat, saling menyayangi di kala jauh maupun dekat.

Tapi Tuhan tidak diam. Dengan rahman dan rahim-Nya, disatukan insan-insan yang terjerumus hiruk pikuk Pilpres ini dalam sebuah kecintaan pada sepak bola. Piala dunia mendamaikan Jasmev dengan relawan Prabowo. Sama-sama mendukung Jerman di Piala Dunia, tiada lagi ketegangan. Hilang kesumat antar mereka. Lupakan target suara yang harus dicapai dan persoalan hidup lainnya. Adem.

Sama-sama pilihan capresnya, sama-sama dukung Inggris di World Cup, tak menjamin selamanya akan seiring sejalan. Saat Ramadhan tiba, kegamangan hadir. Lagi-lagi harus memilih dan beda. Ikut pemerintah atau tidak.

Penentuan awal bulan suci ini beberapa kali tidak sama. Pemerintah menentukan tanggal sekian, sementara NU & Muhammadiyah tak sepakat dengan hasil sidang isbat. Beda lagi. Yang sedikit melegakan adalah, hari raya nya sama. Alhamdulillah.

Pada akhirnya, kita memang tidak bisa selalu sama dengan orang lain. Bahkan dengan orang tua atau pasangan. Tak perlu dipaksakan. Yang kita butuhkan hanyalah bersikap dewasa menghadapi setiap perbedaan. Berbeda dengan kita bukan berarti lawan yang harus dimusuhi.

Beda itu lucu, yang harus ditertawakan. Boleh jadi kita beda dalam satu hal, tapi akan sama pada hal lain. Akur kan

Jadi sebaiknya mana dulu yang mesti dipikirin, Piala Dunia, Pilpres atau Ramadhan?

Iklan

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s