Awet Tua

age

Setelah sekian lama dipanggil Kakak, Mas tiba-tiba ada yang memanggil Pak, Om itu rasanya seperti mau ambil uang di ATM dan saldonya gak cukup. Nyesek banget. Setua inikah diriku? Padahal tahun ini baru 29. Ya twenty nine my age. *Lari ambil kaca.

Tidak semua orang siap untuk tua, karna tua identik dengan keriput, sakit-sakitan, lemah tak berdaya, pikun. Beragam cara dilakukan agar tidak nampak tua. Operasi plastik, pakai kosmetik anti aging, mandi di sumber air awet muda. Sebenarnya ada cara yang lebih sederhana.

Jaga Pola Pikir
Hidup ini keras, banyak persoalan. Yakinlah, kita tidak sendiri, semua orang mengalami pahit getirnya kehidupan. Yang membedakan adalah sikap, mau menerima, menghadapinya atau berkeluh kesah. Hindari stress, marah-marah tak karuan. Tak perlu buruk sangka, iri sama teman yang hidupnya berlimpah ruah.
Ganti dengan positif thinking, selalu ceria, berterima kasih pada Tuhan dan semangat. Ini akan menjadi energi luar biasa, membuat wajah kita berseri-seri, hidup lebih indah, mengurangi keriput, nampak sepuluh tahun lebih muda. Gak perlu pake PONDS

Jaga Pola Makan
You are what you eat. Jangan sembarangan masukin makanan ke perut apalagi semen, ATK, aspal, BBM milik kantor. Kalau gak pengen asam urat, darah tinggi, diabetes, jantung – ya mulai dari sekarang harus jaga makanan. Jangan mentang-mentang masih muda, semua disikat habis, kagak ada pantangan.
Makanan sehat dan halal pun, gak boleh berlebihan juga. Ntar gendut lho, kayak om-om. Tuh kan dipanggil Om lagi. Berasa tua banget.

Jaga Pola Istirahat
Saatnya kerja ya kerja, saatnya istirahat ya istirahat. Mencintai pekerjaan itu baik, tapi kalau workaholic sampai lupa istirahat, lupa keluarga, gak banget deh. Kerja mati-matian cari duit banyak, abaikan istirahat, akhirnya sakit. Uang yang dikumpul habis buat berobat. Sama juga bohong. Makanya istirahat itu penting. Work life balance.
Salah satu cara istirahat dengan tidur. Tidur yang cukup akan membuat kita awet muda, karna hormon pertumbuhan manusia (Human Growth Hormone) paling banyak diproduksi dalam keadaan tidur nyenyak, langsing dan tetap bugar. Kalo tidur terus itu mati namanya.

Pada akhirnya manusia akan menua dan mati. Ini kepastian. Tak perlu takut. Takutlah jika bertambah usia tapi tidak bertambah bekal kebaikan yang kan dibawa menghadap-Nya.

Ah, serius banget gue, kayak udah tua aja

Iklan

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s