Prinsip Hidup

Prinsip hidup, apaan tuh?
Semacam Moto?
Kayak semboyan?
Yel-yel?
Mirip kata-kata Om Mario Teguh?

Hmmm, panjang kalau dijelaskan di sini. Tapi saya yakin, setiap kita pasti punya prinsip yang jadi pegangan dalam menjalani kerasnya kehidupan ini. Mulai dari prinsip yang sederhana sampai yang rumit untuk dimengerti. Dari wejangan orang tua, dari kitab suci, dari quotes orang-orang bijak atau bahkan buatan sendiri.

Memang apa sih gunanya punya prinsip hidup?

Selain untuk pegangan hidup, punya prinsip itu keren bro. Bisa menyemangati di saat galau, bisa jadi pengingat agar gak salah langkah, biar gak terseret arus, biar bisa move on, bisa jadi bahan posting-an di twitter pula, pokoknya banyak lah.

Bagusnya punya berapa prinsip? Satu, sepuluh, seratus? Lebih….

Itu sih terserah kamu. Yang penting prinsip itu kamu yakini dan kamu jalankan. Bukan sekedar ditulis, ditempel di meja, buat gaya-gayaan.

Dalam urusan cari rejeki, ini prinsip yang paling lazim, terkenal seantero negri : ” Rizki sudah ada yang mengatur, tak akan tertukar”

Jadi ndak perlu korupsi, gak usah menjilat, saling sikut, tipu-tipu. Kerja yang bener deh. Gajah gak sekolah aja badannya bisa segede gaban. Cicak gak bisa terbang tapi gak pernah bingung gimana nangkep nyamuk. Manusia…., gak usah ditanya lagi deh, asal mau usaha, gak bakalan kelaparan.

Kalau urusan cinta nih : “Jodoh tak  kan lari kemana. Jodoh pasti bertemu”

Emang sih, tapi kalau salah memaknai, bisa-bisa males usaha, berdiam diri di kamar, merenung, berharap ada pangeran berkuda yang datang melamar.

Urusan yang lebih besar, tentang kehidupan, ada prinsip seperti ini: ” Setiap perbuatan pasti ada balasannya, entah sekarang atau lusa. Entah kita atau anak cucu kita”

Ada orang yang hidupnya penuh masalah. Berantem dengan tetangga,  anak istri sakit-sakitan, terjerat narkoba, bisnisnya jungkir balik. Cek saja, siapa tahu sebelumnya pernah nanam keburukan, jadi sekarang lagi panen. Entah dia atau orang tuanya yang berbuat. Bukan hukum karma loh ya.

Pokoknya dalem banget nih prinsip, jadi mikir kalau mau kriminal.

Itu baru sebagian prinsip hidup yang bertebaran di muka bumi.  Masih banyak yang lainnya, apalagi kalau kamu mau nambahin di komentar.

NB : Prinsip Hidup saya yang lainnya ada di sini.

 

 

 

 

Iklan

2 pemikiran pada “Prinsip Hidup

Komentar kamu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s